Jump To Top
BACK TO
TOP





Saya Ucapkan Selamat Datang Di GoKlik-Information Jelajahi Informasi disini karena banyak informasi menarik dan layak untuk anda baca Terima kasih telah berkunjung
News Update :

Melestarikan Seni Melalui Teater Postheatron Garut

Di tengah era globalisasi, mempertahankan dan memperkenalkan kesenian tradisional kepada masyarakat tentu tidak mudah. Namun Komunitas Teater Postheatron Garut berhasil membuat remaja suka seni tradisional. 

 Go Klik-Info, Di tengah era globalisasi, mempertahankan serta memperkenalkan kesenian tradisional kepada masyarakat terutama kaum muda tentu tidak mudah. Perlu perjuangan ekstra keras agar generasi muda cinta budaya Indonesia. Tentu saja perjuangan tidak akan sukses apabila tak dilakukan dengan hati seperti yang dilakukan Komunitas Teater Postheatron Garut.

Melestarikan Seni Melalui Teater Postheatron GarutKomunitas Teater Postheatron Garut hingga kini masih eksis. Selain mahir memainkannya, anggota komunitas juga berusaha untuk membuatnya sendiri yang bahan dasarnya dari bambu. "Kalau bisa mah tidak, tapi mencoba belajar untuk membuatnya," kata Nanang, anggota komunitas. Alat musik yang dibuat komunitar antara lain toliet, celempung, dan karinding.

Karinding adalah alat musik imut yang dimainkan dengan cara ditempelkan di mulut lalu dipukul-pukul ujungnya atau disentir melalui tali. Getaran antara si karinding dan mulut digabung dengan udara dari mulut menghasilkan suara. "Tweew..tweew...", begitulah. Ukuran standar karinding adalah panjang 10 sentimeter dan lebar dua sentimeter.

Beberapa anggota Komunitas Teater Postheatron Garut adalah personel band underground (musik cadas). "Kita punya band masing-masing," kata anggota komunitas lainnya. Tidak heran jika komunitas ini mampu mengkolaborasikan antara musik underground yang berasal dari Barat dengan bunyi-bunyian dari budaya lokal seperti karinding dan toliet.

Sebagian besar anggota masih berstatus sebagai pelajar sekolah menengah atas, mahasiswa, dan pekerja. Selain bermain musik, anggota komunitas diajarkan tentang teater. Para anggota komunitas menghabiskan waktu dengan bermacam kegiatan kreatif. Selama bulan puasa ini mereka menggelar Salam Ramadan yang digelar setiap menjelang berbuka alias ngabuburit.
[Liputan6.com/Go Klik-Info]

***Jangan Lupa komentarnya Ya!!!***
***Terima Kasih***

Artikel Terkait:

Berita dan Informasi menarik lainnya Lihat Selengkapnya di + INDEKS BERITA
Share : Share Detail
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar:

Berikan Komentar Anda

 
Support : Creating Website Praburakka
Copyright © 2012. Go Klik Information - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger