Jump To Top
BACK TO
TOP





Saya Ucapkan Selamat Datang Di GoKlik-Information Jelajahi Informasi disini karena banyak informasi menarik dan layak untuk anda baca Terima kasih telah berkunjung
News Update :

MUI Larang Umat Islam Main Tatung

 Headline
Go Klik-Info,Kubu Raya - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kubu Raya melarang umat Islam ikut main tatung yang sering kali digelar pada rangkaian perayaan Cap Go Meh. Penegasan itu disampaikan Penasehat MUI Kubu Raya, H. Jipridin ditemui BERKAT kemarin siang.

Jipridin menilai bagi kalangan umat Islam, tatung jelas melanggar norma-norma dan kaidah agama.

"Karena sebelum permainan tatung itu dimulai maka harus digelar ritual untuk mengundang roh-roh halus. Dalam perspektif akidah, percaya pada roh-roh halus adalah animisme. Ini jelas bertentangan dengan Islam. Disinilah kenapa tatung dilarang dimainkan oleh umat Islam," jelasnya.

Pun demikian ia katakan MUI tetap menghargai dan menghormati tradisi permainan yang dilaksanakan oleh masyarakat Tionghoa tersebut sebagai budaya dan kearifan lokal. Namun ia berharap, kalangan umat Islam tidak hanya melihat dari perspektif budaya tetapi sekaligus perspektif agama khususnya lagi dari penguatan akidah umat Islam.

"Peran tokoh-tokoh umat Islam yang tergabung dalam wadah Islam seperti NU, Muhammadiyah terlebih MUI di seluruh Kalbar hendaknya dapat mengajak umat Islam untuk menyatukan pandangan dan persepsi terhadap pemahaman tatung ini dengan tetap mengedepankan toleransi kerukunan umat guna menghindari konflik," tuturnya.

Akan tetapi tidak terjebak dengan toleransi tersebut dengan menjual keyakinan umat Islam namun harus juga melihat dari kacamata bersifat samawi yaitu ontologi ketuhanan dimana setiap agama mempunyai koridor masing-masing. Firman Allah SWT dalam surah Al Kafirun salah satunya menyebutkan bagimu agama dan kepercayaanmu, bagiku agama dan kepercayaanku.

"Jadi, menghormati agama dan budaya tradisi orang lain tidak ada larangan tetapi yang dilarang adalah kita talbis atau menyerupai yang bertentangan dengan Islam," ucapnya.

Karena itu peran orang tua dan tokoh-tokoh pendidikan diharapkan untuk memberikan pencerahan kepada anak-anaknya agar tidak ikut memainkan tatung. Termasuk peran pemerintah untuk membuka kesempatan kerja bagi anak-anak tersebut.

"Karena anak-anak umat Islam itu jika sudah cukup sandang dan pangannya kita yakin mereka tidak akan ikut main tatung," ucapnya.
MUI sendiri dikatakan dia, akan terus menyerukan dan mendorong gerakan moral ini kepada kalangan umat Islam agar tidak ikut dalam permainan tatung.

"MUI Kalbar juga harus bertindak cepat untuk menyikapi hal ini dan komunikasikan kepada MUI maupun elemen Islam lainnya," kata Jipridin yang juga Sekretaris MUI Kalbar.

***Jangan Lupa komentarnya Ya!!!***
***Terima Kasih***

Artikel Terkait:

Berita dan Informasi menarik lainnya Lihat Selengkapnya di + INDEKS BERITA
Share : Share Detail
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar:

Berikan Komentar Anda

 
Support : Creating Website Praburakka
Copyright © 2012. Go Klik Information - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger