Jump To Top
BACK TO
TOP





Saya Ucapkan Selamat Datang Di GoKlik-Information Jelajahi Informasi disini karena banyak informasi menarik dan layak untuk anda baca Terima kasih telah berkunjung
News Update :

Pendaratan Curiosity & Sejarah Eksplorasi Mars


 Bayangan Curiosity di Tanah Mars (© Reuters/NASA)

Go Klik-Info, Curiosity adalah robot penjelajah tercanggih milik NASA bertenaga nuklir, dan ditugasi mencari tanda-tanda kehidupan di Planet Merah. Setelah tujuh menit yang menegangkan yang harus dilalui saat prosedur pendaratan yang begitu kompleks, akhirnya, Curiosity berhasil menyentuh permukaan tanah Mars, di daerah yang dikenal sebagai Gale Crater. Gambar ini adalah gambar pertama yang ditransmisikan oleh Curiosity ke Bumi. Sebuah bayangan jatuh di lapisan Mars yang berpasir.



 Bayangan Curiosity di Tanah Mars (© Reuters/NASA)
Pendaratan yang sukses memicu kegembiraan yang mengharukan di Spaceflight Operations Facility NASA, Pasadena, California, markas tim Mars Science Laboratory.
Bayangan Curiosity di Tanah Mars (© Reuters/NASA)
Sementara di Time Square New York, kerumunan orang yang menyaksikan siaran langsung pendaratan, turut bersorak gembira atas kesuksesan itu.


Bayangan Curiosity di Tanah Mars (© Reuters/NASA)Kendaraan penjelajah Curiosity kini akan menjalankan misinya di Mars selama dua tahun ke depan, untuk melakukan pencarian atas tanda-tanda kehidupan, mempelajari kondisi geologi Mars, iklim di sana, serta melakukan beberapa riset penting yang mungkin akan melempangkan jalan bagi misi anrtariksa berawak ke planet itu.

Foto di atas merupakan sebuah model robot kendaraan yang sama persis dengan Curiosity dengan bobot yang lebih ringan, bernama Scarecrow. Gambar Scarecrow ini diambil saat ia berada di Mars Yard, sebuah wilayah di markas Jet Propulsion Lab NASA yang dirancang mirip dengan kondisi di Mars, berpasir dan berbatu.

Bayangan Curiosity di Tanah Mars (© Reuters/NASA)
Curiosity adalah misi paling akhir dari serangkaian panjang misi ke Mars. Sukses pertama misi ke Mars diawali oleh Mariner 4 yang meluncur ke antariksa pada November 1964 dan mendarat di Mars pada Juli 1965.

Di saat misi lainnya gagal, Mariner 4 berhasil. Dan pada 4 Juli 1965, ia berhasil mengirimkan foto permukaan Mars ke Bumi. Ini adalah foto pertama dari planet lain yang dikirimkan ke Bumi .

Pendaratan pertama ke Mars berhasil dilakukan oleh Uni Soviet pada 1970, dengan pesawat antariksa Mars 3. Kendati pesawat itu berhasil mendarat dan mengirimkan data ke BUmi, Mars 3 sama sekali tak mengabadikan foto permukaan Mars. Pada akhirnya, misi AS Viking 1 yang diluncurkan 1975, yang berhasil mendarat sekaligus mengabadikan permukaan Mars.Bayangan Curiosity di Tanah Mars (© Reuters/NASA)
Ini adalah foto berwarna pertama yang diambil di permukaan Mars. Foto yang dibuat Viking 1 pada 21 Juli 1976 itu memperlihatkan gambar lengan robot dengan latar belakang tanah Mars.

iking 1 dan Viking 2 menghabiskan waktu sekitar 2 tahun untuk menganalisa tanah Mars, mencari tanda apakah di planet ini pernah ada kehidupan. Namun, hasilnya tidak memberikan kesimpulan, atau menemukan bukti kongkrit bahwa pernah ada kehidupan di planet itu.

 Bayangan Curiosity di Tanah Mars (© Reuters/NASA)
Setelah misi Viking, hampir dua dekade kemudian dimulailah serangkaian misi besar ke Mars, yang dimulai pada 1996, bersamaan dengan peluncuran Mars Global Surveyor. Tugasnya: mengorbit Planet Mars dan menyediakan gambar-gambar permukaan Mars yang lebih detil.

Untuk pertama kalinya, Surveyor mendapatkan bukti yang menakjubkan tentang jejak keberadaan air yang memiliki peran penting terhadap kehidupan. Gambar seperti ini menunjukkan pola mengalir yang hampir pasti diciptakan oleh aliran air.

Bayangan Curiosity di Tanah Mars (© Reuters/NASA)
Diluncurkan tak lama setelah misi Surveyor, Mars Pathfinder adalah misi berikutnya yang mendarat di Mars. Misi ini terdiri dari Pathfinder base station dan sebuah kendaraan robot bergerak mungil bernama Sojourner, seperti terlihat pada gambar di atas.

Misi Pathfinder adalah bagian dari eksperimen NASA untuk mencoba pendekatan baru dalam mengeksplorasi sebuah planet. Tak heran bila pada fase itu, mereka hanya menggunakan robot yang kecil, dengan biaya ekspedisi yang tak besar.

Misi pathfinder di Mars hanya berlangsung selama sekitar 3 bulan. Termasuk pendek bila dibandingkan dengan misi Viking yang memakan waktu tahunan. Namun dengan jangka waktu yang pendek, misi Pathfinder berhasil menganalisa batuan dan atmosfer Mars.

 Bayangan Curiosity di Tanah Mars (© Reuters/NASA)
Pendaratan Mars berikutnya adalah dua kendaraan penjelajah kembar: Spirit (terlihat pada gambar di atas) dan Opportunity, yang merupakan misi Mars Exploration Rover, yang diluncurkan pada 2003.

Spirit dan opportunity mendarat di Mars di awal 2004. Pada foto di atas terlihat lengan robot Opportunity yang didesain untuk membantu menganalisa batuan dan tanah, mampu menusuk ke dalam tanah untuk pencarian bukti adanya air.''

Bayangan Curiosity di Tanah Mars (© Reuters/NASA) Bayangan Curiosity di Tanah Mars (© Reuters/NASA)
Sementara robot Spirit terjebak macet pada 2009, dan akhirnya mematikan saluran komunikasinya pada 2012. Namun, robot Opportunity masih terus beroperasi hingga 8 tahun sejak pertama mendarat. Terus melaksanakan tugasnya, mengabadikan gambar-gambar lansekap Mars yang memukau dan mengirimkannya ke Bumi.

Sebelum Curiosity, misi pendaratan Mars terakhir adalah Phoenix yang diluncurkan pada 2007, dan peluncurannya diabadikan dalam gambar di atas.
 Bayangan Curiosity di Tanah Mars (© Reuters/NASA)
Phoenix dan lengan penggalinya kemudian berhasil menemukan sesuatu yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang, yakni penemuan air di Mars, dalam bentuk es.




***Jangan Lupa komentarnya Ya!!!***
***Terima Kasih***

Artikel Terkait:

Berita dan Informasi menarik lainnya Lihat Selengkapnya di + INDEKS BERITA
Share : Share Detail
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar:

Berikan Komentar Anda

 
Support : Creating Website Praburakka
Copyright © 2012. Go Klik Information - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger