Jump To Top
BACK TO
TOP





Saya Ucapkan Selamat Datang Di GoKlik-Information Jelajahi Informasi disini karena banyak informasi menarik dan layak untuk anda baca Terima kasih telah berkunjung
News Update :

Teluk Saleh Sebagai Aquarium Dunia

 
Go Klik-Info,Sumbawa Besar, Gaung NTB
Kabupaten Sumbawa kini telah memiliki aquarium dunia. Ini menyusul ditetapkannya Teluk Saleh oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) sebagai aquarium dunia.

Ditetapkannya Teluk Saleh ini menurut Kabid Pengendalian dan Pelestarian Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan (Dislutkan) Kabupaten Sumbawa, Moh Ganafi, A Pi, karena wilayah perairan tersebut memiliki banyak keunikan seperti di bagian barat daya teluk ini dibatasi Pulau Moyo yang juga membuatnya terlindung dari pengaruh laut luar.
Selain itu, ada juga unsur hara yang sangat tinggi dikandungnya sehingga sirkulasi perkembangan ikan juga berlangsung alami.

Teluk Saleh juga memiliki hampir semua jenis ikan mulai dari kerapuh, kerang, kakap, tenggiri, paus hingga dan Lumba-lumba. “Perkembangan ikan di teluk ini tidak akan pernah habis.  Jadi sudah sepantasnyalah kita menjaganya sebaik mungkin,” ujarnya.

Teluk saleh merupakan gugusan berpasir putih dengan koralnya yang indah dan beranekan ragam ikan hias dengan airnya yang tenang, sangat cocok sebagai tempat berenang, dan menyelam untuk melihat pemandangan bawah laut. Teluk Saleh merupakan perairan yang kaya dengan aneka ikan laut seperti ikan kerapu yang hasilnya telah diekspor ke berbagai negara antara lain Jepang, Hongkong dan Singapura. Dari Teluk Saleh ini tampak jelas Gunung Tambora yang mempunyai kawah (Caldera) terluas di dunia.

Dibalik itu semua pihaknya kata Ganafi, cukup menyayangkan masih maraknya aksi pengeboman ikan dengan menggunakan bahan kima berbahaya yang dilakukan oleh nelayan.

Untuk terus menjaga kelestarian teluk ini sambungnya, Dislutkan bersama instansi terkait seperti Kapal Adu Ankatan Laut, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS), Satpol PP tetap melakukan pengawasan di 120 titik, baik yang ada di Teluk Saleh maupun Selat Saleh untuk mengantisipasi pengerusakan ekosistem laut.

***Jangan Lupa komentarnya Ya!!!***
***Terima Kasih***

Artikel Terkait:

Berita dan Informasi menarik lainnya Lihat Selengkapnya di + INDEKS BERITA
Share : Share Detail
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar:

Berikan Komentar Anda

 
Support : Creating Website Praburakka
Copyright © 2012. Go Klik Information - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger