Jump To Top
BACK TO
TOP





Saya Ucapkan Selamat Datang Di GoKlik-Information Jelajahi Informasi disini karena banyak informasi menarik dan layak untuk anda baca Terima kasih telah berkunjung
News Update :

Milyaran Kali Bumi Mengelilingi Matahari


Detik-detik pergantian tahun telah tiba. Selesai sudah Planet Bumi menyelesaikan satu kali putaran mengelilingi induknya, Sang Matahari.
 
evolusi bumi
Bumi di waktu malam. Dengan kecepatan 107 ribu kilometer/jam,
Bumi harus menempuh berjuta-juta kilometer untuk mengelilingi Matahari.
Go Klik-Info, Tik tak, tik tak! Pukul 00:00, waktu seolah berhenti. Suara detak jarum jam yang lirih langsung lenyap. Tenggelam dalam sorak-sorai dan keriuhan bunyi terompet, serta  ledakan-ledakan kembang api.
Kita sering lupa waktu! Tetapi, Bumi tak pernah lalai dengan waktu. Begitu waktu menunjukkan pukul 00:00,  tak ada jeda sedetik pun bagi Bumi untuk memulai kembali penjelajahannya mengarungi alam semesta ini.

Bagi Bumi, mengelilingi Matahari adalah kewajiban yang terus dijalaninya sejak kelahirannya 4,6 milyar tahun yang lalu.

Dengan mengelilingi Matahari, Bumi memperoleh kehangatan dari sang bunda Matahari, sehingga Bumi memiliki pergantian musim, memiliki laut, sungai, juga daratan yang bisa dijadikan tempat tinggal bagi umat manusia.

Untuk mengelilingi Matahari, Planet Bumi memiliki lintasan khusus yang sangat jauh. Kalau jarak Bumi ke Matahari saja 149,6 juta kilometer, maka bisa dibayangkan betapa jauhnya lintasan Bumi untuk mengitari Matahari itu.

rotasi bumi
Pada bulan Januari, Bumi berada pada titik paling dekat dengan Matahari. Pada bulan Juli, Bumi berada pada titik paling jauh dengan Matahari.

Dengan kecepatan  sekitar 107.218 km/jam, Planet Bumi memerlukan waktu 365,25 hari untuk bisa menyelesaikan satu kali putaran. Waktu untuk menyelesaikan satu kali putaran itulah yang disebut satu tahun.

Bisa kamu bayangkan, betapa super cepatnya laju planet kita ini di luar angkasa sana. Jangankan sampai 100 ribu kilometer/jam, baru naik sepeda motor dengan kecepatan 100 km/jam saja rasanya sudah sangat ngebut.

Bila Bumi itu diibaratkan wahana luar angkasa, maka selama setahun itu, kita semua telah diajak menjelajah alam semesta ini sejauh hampir 470 juta kilometer. Andai saja kita memiliki pengetahuan yang cukup  tentang astronomi, betapa asyiknya perjalanan kita ini.

Membaca buku-buku tentang tata surya, Nesi jadi tahu, setahun di Bumi, ternyata  tidak sama dengan setahun di planet lain.

bumi matahari
Saat Bumi menjelajah alam semesta. Tak terasa,
kita pun ikut berkelana mengarungi alam raya.

Konon, semakin jauh posisi planet tersebut dari Matahari, jumlah waktu dalam setahunnya pun semakin lama.

Untuk empat planet yang masih termasuk kelompok planet bagian dalam, waktu satu tahun masih bisa dihitung dengan hari.

Misalnya di Merkurius, satu tahun hanya berumur 58 hari. Di Venus, satu tahun berumur 225 hari. Di Bumi satu tahun 365,25 hari. Sedangkan di Mars setahun berumur 687 hari.

Berbeda dengan empat planet lain yang termasuk kelompok planet bagian luar atau planet raksasa gas. Setahun di planet-planet ini sangat lama.

Bayangkan, untuk menyelesaikan satu kali putaran mengelilingi Matahari, Yupiter memerlukan waktu 12 tahun, Saturnus perlu waktu 29,5 tahun, Uranus perlu waktu 84 tahun, dan Neptunus perlu waktu 165 tahun.

Nah, kalau ada kakak/nenek yang usianya 84 tahun, berarti di Planet Uranus, ia baru berumur 1 tahun.  Wow…

Editor: Sigit Wahyu:  Sumber foto: nasa.gov/NASA's Earth Observatory/NOAA

***Jangan Lupa komentarnya Ya!!!***
***Terima Kasih***

Artikel Terkait:

Berita dan Informasi menarik lainnya Lihat Selengkapnya di + INDEKS BERITA
Share : Share Detail
0 Comments
Tweets
Komentar

Tidak ada komentar:

Berikan Komentar Anda

 
Support : Creating Website Praburakka
Copyright © 2012. Go Klik Information - All Rights Reserved
Proudly powered by Blogger